https://drive.google.com/file/d/0B0EimPLMIqO8U2F2Ri13d1NicVk/view?usp=sharing
https://www.dropbox.com/s/d335j4ka9gjt5e6/Laporan%20UAS%20EA%20-%20Finish.docx?dl=0
Information System - Machung University
We Share Everything - Information System 2012 Machung University
Blog ini tempat saya berbagi ilmu. Baik ilmu yang saya dapat sewaktu di Internet, Teman, SMAK Kolese Santo Yusup Malang, maupun di prodi Sistem Informasi Universitas Machung
Minggu, 14 Desember 2014
ANALISIS DAN PENGEMBANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOGAF PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR (STUDI KASUS PT. GREENFIELDS INDONESIA)
Senin, 01 Desember 2014
Senin, 24 November 2014
Penggunaan Database untuk menampilkan kegiatan CRM
Dalam prakteknya, Customer Relationship Management atau CRM
akan masuk ke dalam setiap sisi bisnis. Oleh karena itu database yang dimiliki
oleh CRM adalah database yang mereka sendiri dan database dari divisi lain.
Misalnya CRM ingin mengetahui bagaimana tingkat penjualan produk yang terjual
di suatu daerah, maka CRM akan mengambil data Customer, data Order, dan data
Product. CRM pada dasarnya ditujukan hanya untuk customer, akan tetapi CRM
sudah mengalami perkembangan, sekarang CRM meliputi customer, supplier, dan
internal perusahaan.
Untuk itu perlu yang namanya data warehouse, data mart, data
mining, data integration untuk mendukung
kegiatan CRM. Jika data warehouse adalah penggudangan data, data mart dan data
mining adalah pengambilan data untuk keperluan forecast, bagaimana dengan data
integration ? contoh nyata dari data integration adalah yang digunakan oleh
Walmart, di mana supplier bisa tahu stok yang tersisa dari barang yang
disuplainya. Database yang terintegrasi sangat penting kegunaannya, tidak hanya
untuk supplier tetapi untuk internal juga.
Dalam CRM data cutomer adalah hal yang penting, oleh karena
itu penting untuk menjaga kualitas data. Database customer dibuat dari
bermacam-macam sumber mulai dari internal sampai third party. Ada 2 hal yang
dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas data yaitu membuang data sampah,
koreksi data-data yang sudah kadaluarsa.
CRM - Study Case AdventureWorks 208
Kali ini adalah tugas dari mata kuliah CRM, dimana saya mendapat tugas untuk melakukan customer profiling menggunakan database AdventureWorks 2008.
Saya melakukan customer profiling berdasarkan TaxRate -> Country -> CreditCard -> Customer
di mana barang yang tampil adalah barang dengan penjualan 2 tertinggi dalam masing-masing kategori, berikut gambar screenshot tugas saya dengan menggunakan aplikasi qlikview
Jonathan Hendry Gunawan - 321110013
Qlikview - AdventureWorks 2008
Machung University
Saya melakukan customer profiling berdasarkan TaxRate -> Country -> CreditCard -> Customer
di mana barang yang tampil adalah barang dengan penjualan 2 tertinggi dalam masing-masing kategori, berikut gambar screenshot tugas saya dengan menggunakan aplikasi qlikview
Jonathan Hendry Gunawan - 321110013
Qlikview - AdventureWorks 2008
Machung University
Senin, 17 November 2014
Resume Proses Automation System dalam CRM
Sumber : Zoho CRM (https://www.youtube.com/watch?v=id-Kk2Id8Cs)
Dari video referensi yang saya temukan yaitu Zoho CRM - Understanding Workflow Automation, dapat saya simpulkan bahwa proses automation dapat dijalankan dengan menggunakan variabel-variabel tertentu, misalnya kegiatan follow up customer melalui email dengan jadwal yang telah ditentukan.
Jumat, 14 November 2014
Implementasi TOGAF pada PT. Greenfields
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Pada era ini sebuah organisasi hampir tidak dapat
dipisahkan dari yang namanya penggunaan teknologi, mulai dari usaha mikro
hingga sebuah negara menerapkan penggunaan teknologi untuk mempermudah,
mempercepat sebuah usaha. Sehingga dibuatlah banyak cara agar sebuah organisasi
dapat melakukan penerapan teknologi dengan cepat, salah satunya adalah
pembuatan konsep Enterprise System yang
mana ditujukan untuk organisasi dengan skala yang besar, misalnya sebuah
negara.
Untuk membangun sebuah sistem yang baik agar
penggunaan teknologi seperti komputer maka dibutuhkan yang namanya arsitektur
sistem, ibarat bila ingin membangun rumah diperlukan seorang arsitektur untuk
membuat arsitektur rumah terlebih dahulu yang kemudian bisa dilanjutkan kepada
seorang insinyur atau tukang untuk proses pembangunan. Hal yang sama bagi
pembangunan sebuah Enteprise System
yang membutuhkan sebuah Enterprise
Architecture untuk memulainya. Ada banyak orang yang mengembangkan
Enterprise Architecture di dunia, mulai dari peneliti hingga sebuah negara,
biasanya akan disebut Enterprise
Architechture Framework. Negara sebesar Amerika Serikat memiliki Framework Enterprise Architecture
sendiri yaitu Federal Enterprise Architecture Framework yang disingkat FEAF.
PT. Greenfields adalah sebuah perusahaan multinasional
yang bergerak di bidang dairy. PT.
Greenfields adalah studi kasus yang diambil untuk penerapan sebuah framework dari The Open Group
Architecture Framework (TOGAF).
1.2
Rumusan Masalah
·
Bagaimana
mengimplementasikan Enterprise
Architecture TOGAF di PT. Greenfields ?
1.3
Batasan Masalah
·
Modul yang
digunakan hanya Information System
Achitecture.
·
Hanya mencakup
proses bisnis utama yaitu peternakan, pemerahan, pengolahan, dan pengiriman.
1.4
Tujuan
·
Membuat
rancangan sistem untuk mendukung bisnis PT. Greenfields dengan menggunakan
TOGAF.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1. Enterprise
Architecure
Arsitektur enterprise
yang merupakan salah satu disiplin dalam domain teknologi informasi memiliki
definisi yaitu sebagai deskripsi misi para stakeholder mencakup parameter
informasi, fungsionalitas, lokasi, organisasi, dan kinerja. Arsitektur enterprise menjelaskan rencana untuk
membangun sistem atau sekumpulan sistem.
Arsitektur enterprise juga
merupakan pendekatan logis, komprehensif, dan holistik untuk merancang dan
mengimplementasikan sistem dan komponen sistem yang bersama. Basis aset
informasi strategis, yang menentukan misi, informasi dan teknologi yang
dibutuhkan untuk melaksanakan misi, dan proses transisi untuk
mengimplementasikan teknologi baru sebagai tanggapan terhadap perubahan
kebutuhan misi.
Salah satu tujuan dari pembangunan suatu
arsitektur adalah memastikan penggunaan kembali komponen arsitektur yang ada,
bisa berupa artifak model data bisnis, pola pengembangan atau beberapa komponen
teknikal yang lebih rinci lainnya. Hal tersebut dapat memungkinkan terjadinya
“dimensi lain” yang berusaha untuk memenuhi kebutuhan bisnis lokal dengan
proyek yang dikerjakan masing – masing. Sekumpulan arsitektur yang ada dapat
digambarkan sebagai sebuah kebutuhan bisnis dan kebutuhan teknis IT yang mana
dapat diterima secara global dan tidak saling menciptakan antar arsitektur dalam
artian arsitektur yang ada tersebut benar – benar sejajar posisinya.
Arsitektur enterprise
memiliki beberapa lapisan. Lapisan tersebut berupa empat komponen utama, yaitu
:
a. Arsitektur
bisnis : Sebuah
blueprint di perusahaan berisikan proses bisnis yang
memberikan pemahaman umum organisasi dan
digunakan untuk menyelaraskan
tujuan strategis dan
tuntutan taktis.
b.
Arsitektur Data : menjelaskan struktur
data yang digunakan oleh suatu organisasi atau perusahan. Arsitektur ini berisikan deskripsi data,
baik data yang ada dalam penyimpanan
ataupun data yang bergerak. Selain itu
berisikan juga deskripsi menyimpan,
mengelola , dan pengaksesan
dari artefak dan
item data.
c. Arsitektur Aplikasi : ditentukan berdasarkan kebutuhan bisnis.
Ini melibatkan definisi
interaksi antara aplikasi, database, dan sistem
yang berapada pada middleware
dalam hal cakupan
fungsional. Hal ini membantu mengidentifikasi masalah integrasi atau kesenjangan
dalam cakupan fungsional
tersebut.
d. Arsitektur
Teknologi : berisikan gambaran struktur
dan perilaku dari infrastruktur teknologi dari suatu enterprise atau sistem. Seperti hardware dan software yang
mendukung aplikasi dan bagaimana interaksinya
2.2. TOGAF
TOGAF adalah kerangka kerja
arsitektur – Terbuka yang dikembangkan Grup Arsitektur Framework. TOGAF adalah
alat untuk membantu dalam produksi, penerimaan, penggunaan, dan pemeliharaan
arsitektur perusahaan. Hal ini didasarkan pada sebuah iterative model proses
yang didukung oleh praktek-praktek terbaik dan satu set yang dapat digunakan
kembali yang ada dalam sebuah arsitektur aset. TOGAF
dikembangkan dan dikelola oleh The Open Group Architecture Forum. Versi pertama
dari TOGAF, yang dikembangkan pada tahun 1995, didasarkan pada Kerangka
Arsitektur Informasi Teknis Manajemen (TAFIM) Departemen Pertahanan AS. Mulai
dari fondasi, Grup Arsitektur Forum Terbuka ini telah mengembangkan versi
berturut-turut TOGAF di interval teratur dan diterbitkan setiap satu di situs
web publik Open Group (www.opengroup.org) . TOGAF yang terakhir dikembangkan
adalah TOGAF 9. TOGAF 9 pertama kali diterbitkan pada Januari 2009. TOGAF 9
dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai perusahaan yang memiliki perbedaan
arsitektur. Kunci TOGAF adalah Metode Pengembangan Arsitektur (Architecture
Development Method / ADM ) yang digunakan untuk mengembangkan arsitektur
perusahaan yang memenuhi kebutuhan bisnis. TOGAF membagi arsitektur enterprise ke dalam empat
kategori, yaitu sebagai berikut :
1.
Business architecture, menjelaskan proses binis untuk memenuhi tujuannya.
2.
Application architecture, menjelaskan bagaimana aplikasi khusus dirancang dan bagaimana aplikasi
berinteraksi satu dengan yang lainnya.
3.
Data architecture, menjelaskan bagaimana enterprise datastores diatur dan diakses.
4.
Technical architecture, menjelaskan infrasrtuktur hardware dan software yang mendukung
aplikasi dan interaksinya.
TOGAF
menggambarkan dirinya sebagai sebuah “kerangka,” namun bagian terpenting dari
TOGAF adalah Architecture Development Method (ADM). ADM adalah resep untuk
menciptakan arsitektur. Mengingat bahwa ADM adalah bagian dari TOGAF, TOGAF
dikategorikan sebagai proses arsitektur sedangkan ADM sebagai metodologi. Dipandang
sebagai proses arsitektur, TOGAF melengkapi Zachman yang dikategorikan sebagai
taksonomi arsitektur. Zachman memberitahukan bagaimana mengkategorikan artefak.
Sedangkan TOGAF menciptakan prosesnya. TOGAF pandangan dunia arsitektur
enterprise sebagai kontinum dari arsitektur, mulai dari yang sangat umum sampai
kepada yang sangat spesifik. TOGAF’s ADM menyediakan proses untuk mengemudikan
gerakan dari umum ke khusus. TOGAF adalah sebuah landasan Arsitektur karena
terdapat prinsip-prinsip arsitektural yang secara teoritis akan digunakan oleh
organisasi TI. TOGAF memberikan metode yang detil bagaimana membangun dan
mengelola serta mengimplementasikan arsitektur enterprise dan sistem informasi
yang disebut dengan Architecture Development Method (ADM) (Open Group, 2009.
Yang di kutip dari jurnal Roni Yunis, Kridanto Surendro, 2009).
ADM
merupakan metode generik yang berisikan sekumpulan aktivitas yang digunakan
dalam memodelkan pengembangan arsitektur enterprise. Metode ini juga dibisa
digunakan sebagai panduan atau alat untuk merencanakan, merancang,
mengembangkan dan mengimplementasikan arsitektur sistem informasi untuk
organisasi (Yunis dan Surendro, 2008. Yang di kutip dari jurnal Roni Yunis,
Kridanto Surendro, 2009). TOGAF ADM merupakan metode yang fleksibel yang dapat
mengantifikasi berbagai macam teknik pemodelan yang digunakan dalam
perancangan, karena metode ini bisa disesuaikan dengan perubahan dan kebutuhan
selama perancangan dilakukan.
TOGAF ADM
juga menyatakan visi dan prinsip yang jelas tentang bagaimana melakukan
pengembangan arsitektur enterprise, prinsip tersebut digunakan sebagai ukuran
dalam menilai keberhasilan dari pengembangan arsitektur enterprise oleh
organisasi (Open Group, 2009. Yang di kutip dari jurnal Roni Yunis, Kridanto
Surendro, 2009), prinsip-prinisip tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :
1)
Prinsip Enterprise
Pengembangan arsitektur yang dilakukan diharapkan mendukung seluruh
bagian organisasi, termasuk unit-unit organisasi yang membutuhkan.
2)
Prinsip Teknologi Informasi
(TI)
Lebih mengarahkan konsistensi penggunaan TI pada seluruh bagian
organisasi, termasuk unit-unit organisasi yang akan menggunakan.
3)
Prinsip Arsitektur
Merancang
arsitektur sistem berdasarkan kebutuhan proses bisnis dan
bagaimana mengimplementasikannya.
Langkah
awal yang perlu diperhatikan pada saat mengimplementasikan TOGAF ADM adalah
mendefinisikan persiapan-persiapan yaitu dengan cara mengidentifikasi kontek
arsitektur yang akan dikembangkan, kedua adalah mendefenisikan strategi dari
arsitektur dan menetapkan bagian-bagian arsitektur yang akan dirancang, yaitu mulai
dari arsitektur bisnis, arsitektur sistem informasi, arsitektur teknologi,
serta menetapkan kemampuan dari arsitektur yang akan dirancang dan
dikembangkan (Harrison dan Varveris, 2006. Yang di kutip dari jurnal Roni
Yunis, Kridanto Surendro, 2009). TOGAF ADM terdiri atas sepuluh fase sebagai
berikut:
1. Preliminary Phase –
fase ini mencakup aktivitas persiapan untuk menyusun kapabilitas arsitektur
termasuk kustomisasi TOGAF dan mendefinisikan prinsip-prinsip arsitektur.
Tujuan fase ini adalah untuk menyakinkan setiap orang yang terlibat di
dalamnya bahwa pendekatan ini untuk mensukseskan proses arsitektur. Pada fase
ini harus menspesifikasikan who, what, why, when, dan where dari
arsitektur itu sendiri.
- What adalah ruang lingkup dari usaha.
- Who adalah siapa yang akan memodelkannya, siapa orang yang akan bertanggung jawab untuk mengerjakan arsitektur tersebut, dimana mereka akan dialokasikan dan bagaimana peranan mereka.
- How adalah bagaimana mengembangkan arsitekture interprise, menentukan framework dan metode apa yang akan digunakan untuk menangkap informasi.
- When adalah kapan tanggal penyelesaian arsitektur
- Why adalah mengapa arsitektur ini dibangun. Hal ini berhubungan dengan tujuan organisasi yaitu bagaimana arsitektur dapat memenuhi tujuan organisasi.
2. Phase
A: Architecture Vision – fase ini merupakan
fase inisiasi dari siklus pengembangan arsitektur yang mencakup pendefinisian
ruang lingkup, identifikasi stakeholders, penyusunan visi arsitektur, dan
pengajuan persetujuan untuk memulai pengembangan arsitektur.
Beberapa tujuan dari fase
ini adalah :
- Menjamin evolusi dari siklus pengembangan arsitektur mendapat pengakuan dan dukungan dari manajemen enterprise.
- Mensyahkan prinsip bisnis, tujuan bisnis dan pergerakan strategis bisnis organisasi.
- Mendefinisikan ruang lingkup dan melakukan identifikasi dan memprioritaskan komponen dari arsitektur saat ini.
- Mendefiniskan kebutuhan bisnis yang akan dicapai dalam usaha arsitektur ini dan batasannya.
- Menghasilkan visi arsitektur yang menunjukan respon terhadap kebutuhan dan batasannya.
Beberapa langkah yang
dilakukan pada fase ini adalah :
- Menentukan / menetapkan proyek
- Mengindentifikasi tujuan dan pergerakan bisnis. Jika hal ini sudah didefinisikan, pastikan definisi ini masih sesuai dan lakukan klarifikasi terhadap bagian yang belum jelas.
- Meninjau prinsip arsitektur termasuk prinsip bisnis. Meninjau ini berdasarkan arsitektur saat ini yang akan dikembangkan. Jika hal ini sudah didefinisikan, pastikan definisi ini masih sesuai dan lakukan klarifikasi terhadap bagian yang belum jelas.
- Mendefinisikan apa yang ada di dalam dan di luar rungan lingkup usaha saat ini.
- Mendefinisikan batasan-batasan seperti waktu, jadwal, sumber daya dan sebagainya.
- Mengindentifikasikan stakeholder, kebutuhan bisnis dan visi arsitektur.
- Mengembangkan Statement of Architecture Work.
3. Phase
B: Business Architecture – fase
ini mencakup pengembangan arsitektur bisnis untuk mendukung visi arsitektur
yang telah disepakati. Pada tahap ini tools dan method umum
untuk pemodelan seperti: Integration DEFinition (IDEF) dan Unified
Modeling Language (UML) bisa digunakan untuk membangun model yang
diperlukan.
Beberapa tujuan dari fase
ini adalah :
- Menguraikan deskripsi arsitektur bisnis dasar.
- Mengembangkan arsitektur bisnis tujuan, menguraikan strategi produk dan/atau service dan aspek geografis, informasi, fungsional dan organisasi dari lingkungan bisnis yang berdasarkan pada prinsip bisnis, tujuan bisnis dan penggerak strategi.
- Menganalisi gap antara arsitektur saat ini dan tujuan.
- Memilih titik pandang yang relevan yang memungkinkan arsitek mendemokan bagaimana maksud stakeholder dapat dicapai dalam arsitektur bisnis.
- Memilih tools dan teknik relevan yang akan digunakan dalam sudut pandang yang dipilih.
Beberapa langkah yang
dilakukan di fase ini adalah :
- Mengembangkan deskripsi asitektur bisnis saat ini untuk mendukung arsitektur bisnis target.
- Mengindentifikasi reference model, sudut pandang dan tools
- Melengkapi arsitektur bisnis
- Melakukan gap analisis dan membuat laporan
4. Phase
C: Information Systems Architectures –
Pada tahapan ini lebih menekankan pada aktivitas bagaimana arsitektur sistem
informasi dikembangkan. Pendefinisian arsitektur sistem informasi dalam tahapan
ini meliputi arsitektur data dan arsitektur aplikasi yang akan digunakan oleh
organisasi. Arsitektur data lebih memfokuskan pada bagaimana data digunakan
untuk kebutuhan fungsi bisnis, proses dan layanan. Teknik yang bisa digunakan
dengan yaitu: ER-Diagram, Class Diagram, dan Object Diagram.
Tujuan dari fase ini adalah
mengembangkan arsitektur tujuan dalam domain data dan aplikasi. Ruang
lingkup dari proses bisnis yang didukung dalam fase C dibatasi pada
proses-proses yang didukung oleh TI dan interface dari
proses-proses yang berkaitan dengan non-TI. Implementasi dari arsitektur ini
mungkin tidak perlu dalam urutan yang sama, diutamakan terlebih dahulu yang
begitu sangat dibutuhkan.
Beberapa langakah
yang diperlukan untuk membuat arsitektur data adalah:
- Mengembangkan deskripsi arsitektur data dasar
- Review dan validasi prinsip, reference model, sudut pandang dan tools.
- Membuat model arsitektur
- Memilih arsitektur data building block
- Melengkapi arsitektur data
- Melakukan gap analysis arsitektur data saat ini dengan arsitektur data target dan membuat laporan.
5. Phase
D: Technology Architecture –Membangun
arsitektur teknologi yang diinginkan, dimulai dari penentuan jenis kandidat
teknologi yang diperlukan dengan menggunakan Technology Portfolio Catalog
yang meliputi perangkat lunak dan perangkat keras. Dalam tahapan ini juga
mempertimbangkan alternatif-alternatif yang diperlukan dalam pemilihan
teknologi.
Beberapa langkah yang
diperlukan untuk membuat arsitektur teknologi yaitu:
- Membuat deskripsi dasar dalam format TOGAF
- Mempertimbangkan reference model arsitektur yang berbeda, sudut pandang dan tools.
- Membuat model arsitektur dari building block
- Memilih services portfolio yang diperlukan untuk setiap building block
- Mengkonfirmasi bahwa tujuan bisnis tercapai
- Menentukan kriteria pemilihan spesifikasi
- Melengkapi definisi arsitektur
- Melakukan gap analysis antara arsitektur teknologi saat ini dengan arsitektur teknologi target.
6. Phase
E: Opportunities and Solutions –
Pada tahap ini akan dievaluasi model yang telah dibangun untuk arsitektur saat
ini dan tujuan, indentifikasi proyek utama yang akan dilaksanakan untuk
mengimplementasikan arsitektur tujuan dan klasifikasikan sebagai pengembangan
baru atau penggunaan kembali sistem yang sudah ada. Pada fase ini juga
akan direview gap analysis yang sudah dilaksanakan pada fase D.
Tujuan dari fase ini
adalah :
- Mengevaluasi dan memilih pilihan implementasi yang diidentifikasikan dalam pengembangan arsitektur target yang bervariasi
- Identifikasi parameter strategik untuk perubahan dan proyek yang akan dilaksanakan dalam pergerakan dari lingkungan saat ini ke tujuan.
- Menafsirkan ketergantungan, biaya dan manfaat dari proyek-proyek yang bervariasi.
- Menghasilkan sebuah implementasi keseluruhan dan strategi migrasi dan sebuah rencana implementasi detail.
7. Phase
F: Migration and Planning – Pada
fase ini akan dilakukan analisis resiko dan biaya. Tujuan dari fase ini adalah
untuk memilih proyek implementasi yang bervariasi menjadi urutan prioritas.
Aktivitas mencakup penafsiran ketergantungan, biaya, manfaat dari proyek
migrasi yang bervariasi. Daftar prioritas proyek akan berjalan untuk
membentuk dasar dari perencanaan implementasi detail dan rencana migrasi.
8. Phase
G: Implementation Governance – fase
ini mencakup pengawasan terhadap implementasi arsitektur.
Tujuan dari fase ini adalah
:
- Untuk merumuskan rekomendasi dari tiap-tiap proyek implementasi
- Membangun kontrak arsitektur untuk memerintah proses deployment dan implementasi secara keseluruhan
- Melaksanakan fungsi pengawasan secara tepat selagi sistem sedang diimplementasikan dan dideploy
- Menjamin kecocokan dengan arsitektur yang didefinisikan oleh proyek implementasi dan proyek lainnya.
9. Phase
H: Architecture Change Management – fase
ini mencakup penyusunan prosedur-prosedur untuk mengelola perubahan ke
arsitektur yang baru. Pada fase ini akan diuraikan penggerak
perubahan dan bagaimana memanajemen perubahan tersebut, dari pemeliharaan
sederhana sampai perancangan kembali arsitektur. ADM menguraikan strategi dan
rekomendasi pada tahapan ini. Tujuan dari fase ini adalah untuk
menentukan/menetapkan proses manajemen perubahan arsitektur untuk arsitektur
enterprice yang baru dicapai dengan kelengkapan dari fase G. Proses ini
akan secara khusus menyediakan monitoring berkelanjutan dari hal-hal
seperti pengembangan teknologi baru dan perubahan dalam lingkungan bisnis dan
menentukan apakah untuk menginisialisasi secara formal siklus evolusi
arsitektur yang baru.
10. Requirements
Management – menguji proses
pengelolaan architecture requirements sepanjang siklus ADM berlangsung.
BAB III
PEMBAHASAN
3.1.
Studi
Kasus
PT. Greenfields adalah sebuah
perusahaan manufaktur di bidang susu, yang menghasilkan produk yaitu susu
segar, keju, dan whipping cream. Ada
2 proses utama di dalam PT. Greenfields yaitu proses pemerahan, dan proses
pengolahan. Proses pemerahan dan pengolahan sudah menggunakan mesin-mesin
otomatis, yang mencakup proses pasteurisasi, sterilisasi, dan pengepakan.
3.2. Application
Architecture
Menilik
dari bisnis proses yang ada pada PT. Greenfields maka didapatkan daftar
aplikasi sebagai berikut:
1)
Production
Aplikasi
Production meliputi Bill of Material, Material Requirement Planning, dan
Production Schedule.
2)
Farm
Aplikasi
Farm adalah sebuah aplikasi yang bertujuan untuk mengontrol peternakan yang ada
mulai data sapi yang ada, stok makanan untuk sapi, history susu yang dihasilkan
dari seekor sapi, dan history kesehatan sapi.
3)
Shipping
Aplikasi
Shipping adalah sebuah aplikasi untuk mengontrol pengiriman yang dilakukan oleh
PT. Greenfields. Aplikasi ini berisi pembuatan surat jalan, jumlah pengiriman
yang dilakukan, estimasi waktu tempuh dan waktu kembali truk pengiriman.
Aplikasi ini juga bisa dilihat oleh pihak eksternal yaitu customer untuk melihat
kapan barang akan sampai lengkap dengan data muatan, truk, dan sopir.
4)
Maintenance
Aplikasi
Maintenace ini adalah aplikasi yang berjalan dengan inputan banyaknya tugas
yang telah dilakukan, contohnya mesin pemerah akan dilakukan maintenance setiap
1000 liter susu. Aplikasi ini akan melakukan kalkulasi kapan diperlukan
maintenance dengan target yang sudah dipasang oleh pakar di bagian pemeliharaan
mesin.
5)
Report Online
Aplikasi
Report Online ini ditujukan untuk pihak eksekutif mengingat PT. Greenfield
adalah perusahaan multinasional, di mana report harusnya bisa diakses di
manapun dan kapanpun. Pada aplikasi ini akan muncul data eksklusif seperti data
profit penjualan, dan data custom hasil dari data mining.
Aplikasi yang
telah disebutkan di atas dapat dipilah dan digambarkan sebagai berikut:
Warna di atas
adalah untuk membedakan siapa yang akan jadi penggunanya, misalnya bagian
support memiliki 2 warna yaitu kuning dan biru berarti bagian support bisa
mengakses aplikasi farm, shipping, dan maintenance.
3.3. Data
Architecture
Data yang ada di
PT. Greenfields harus terintegritas, oleh karena itu semua data akan dimasukkan
kedalam sebuah database yang ada di server dan online. Penggunaan data
warehouse dan data mining adalah hal wajib mengingat adanya aplikasi Reporting
Online yang akan memiliki data custom untuk kalangan eksekutif seperti
penjualan susu rasa apa yang paling laris masing-masing region. Data migration
dan standarisasi data akan diperlukan mengingat masih adanya data yang belum
terkomputerisasi atau sudah terkomputerisasi tetapi tidak menggunakan database.
Jadi pada bagian Data Achitecture dapat dibuat daftar sebagai berikut:
1)
Database
Management System
2)
Data Mining
3)
Data Warehouse
4)
Data
Standardization
5)
Data Migration
Data yang akan
dibutuhkan di dalam masing-masing aplikasi dapat dijabarkan sebagai berikut:
·
Production
Di
dalam aplikasi produksi akan terdapat data, mulai dari data bahan baku, berapa
banyak yang perlu dibuat, hingga data jenis kemasan apa yang akan dipakai.
·
Farm
Pada
aplikasi Farm data yang paling penting adalah data sapi dan stok makanan sapi.
Data sapi yang dimaksud mencakup berat sapi, umur sapi, kesehatan, terkahir
kali vaksin, susu yang telah dihasilkan, berapa kali melahirkan.
·
Shipping
Aplikasi
shipping memiliki data penting hanya 1 yaitu surat jalan lengkap dengan muatan.
Akan tetapi ada data lain sebagai penunjang aplikasi yaitu data lokasi
customer, yang nantinya akan digunakan sebagai perhitungan jarak tempuh dan
waktu tempuh, data yang lainnya adalah data truk dan data sopir.
·
Maintenance
Aplikasi
maintenance memiliki data mesin, dan data inputan dari pakar pemeliharaan mesin
untuk variabel kapan diperlukan pemeliharaan untuk sebuah mesin. Data mesin
mencakup nama mesin, merek mesin, kapan dibeli, history kerusakan mesin,
history maintenace.
·
Report Online
Aplikasi
ini tidak memiliki data yang pasti karena isinya datanya adalah sesuai
permintaan pihak eksekutif, jadi bisa disimpulkan bahwa semua data yang ada
digunakan oleh aplikasi ini.
BAB IV
KESIMPULAN
Dalam studi kasus ini yaitu PT. Greenfields
membutuhkan sebuah arsitektur untuk sistem milik mereka yang masuk ke dalam
kelas Enterprise. Oleh karena itu
penulis dapat merekomendasikan sebuah arsitektur yang berlandaskan TOGAF pada
bagian Information System Achitecture, di mana penulis merekomendasikan
penggunaan database terpusat yang online dengan sederet aplikasi yaitu,
Production, Farm, Shipping, Maintenance, Report Online.
REFERENSI
Langganan:
Postingan (Atom)