Senin, 29 Oktober 2012

Sharing Ilmu itu Indah

Kali ini saya akan berbagi ilmu lagi nieh, sumbernya dari prodiku sendiri yaitu Sistem Informasi Universitas Machung. Ini bukan ilmu eksak sih, tetapi setidaknya akan sedikit memberikan wawasan kepada anda semua penikmat blog ini.

Saya akan memberikan pertanyaan kepada anda, jawablah sesuai isi hati anda di kolom komentar kelak komentar" yang anda berikan dapat berguna...

1.  Menurut kalian CRM dan SCM itu bagaimana ? Apakah sama ? Beda ? Apakah yang menyamakan atau  membedakan mereka ? Mereka berinteraksi di mana ? Jangan lupa berikan pendapat dengan disertai teknologi pendukung.


2.  Bayangkan anda menjadi manajer pemasaran di sebuah perusahaan produk yang besar. Kemudian perusahaan tersebut perlu untuk melakukan kampanye pemasaran yang baru. Bagaimana cara kalian untuk bisa meyakinkan perusahaan anda dari nilai menggunakan CRM untuk membantu kampanye ini ? Lalu kira" apa sih jenis sistem CRM yang akan anda pilih untuk perusahaan anda ?

Kalau jawaban saya seperti ini :
1.  CRM dan SCM secara harfiah sudah berbeda. CRM adalah Customer Relationship Management sedangkan SCM adalah Supply Chain Management. Dilihat dari fungsinya, CRM berfungsi untuk mengetahui permintaan dan penawaran pasar, sedangkan SCM memiliki fungsi utama yaitu untuk mengkonversi dari bahan mentah ke bahan jadi. Secara Teknologi, SCM punya beberapa teknologi seperti Demand management/forecasting, Advanced planning and scheduling, Transportation management, Distribution and deployment, Production planning, Available to-promise, Supply chain modeler, Optimizer. CRM juga mempunyai teknologi yaitu customer database, Costumer Intelligence, Costumer Capacity and Competency Development, Operasional CRM.

2.  Pertama saya akan melihat apa saja permintaan dan penawaran pasar dari bagian CRM, dari situ baru bisa diambil sebuha kebijakan akan harga barang, kemasan barang. Pemilihan harga barang dan kemasan barang adalah salah satu hal mendasar untuk menarik minat pembeli menurut saya dan sebenarnya masih banyak faktor yang lain seperti  bentuk iklan di TV, dan bagaimana anda menjalin relasi dengan pelanggan.
Sistem yang saya pakai sedikit mirip dengan sistem PRM, tapi sedikit berbeda...

INI JAWABANKU, APA JAWABANMU ???
(Salam Sistem Informasi Universitas Machung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar