Jumat, 07 Desember 2012

ERP dalam UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)

UMKM….
Apa itu ? Yang pastinya tidak ada hubungannya dengan UKM di universitas. UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro Kecil Menengah, di mana usaha mikro, kecil, dan menengah mempunyai batasan-batasan yang terkandung dalam
UU 20/2008 tentang UMKM. Jadi UMKM dapat ditabelkan seperti berikut :


No. Uraian Kriteria
Aset Omset
1 Usaha Mikro Maksimal 50 juta Maksimal 300 juta
2 Usaha Kecil 50 juta - 500 juta 300 juta - 2,5 miliar
3 Usaha Menengah 500 juta - 10 miliar 2,5 miliar - 50 miliar
 

Ternyata UMKM itu tidak seperti yang ada dipikiran saya sebelumnya, saya pikir dulu UMKM adalah usaha dengan omset maksimal 50 juta ternyata saya salah. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem untuk mendukung semua kegiatan pada UMKM, namanya adalah ERP (Enterprise Resources Planning). 

Dulupemakai ERP hanya usaha skala besar, dikarenakan biaya untuk ERP sendiri yang besar, dan waktu implementasi yang panjang. Tetapi sekarang beda, di Indonesia sendiri sudah tersedia ERP yang ramah di kantong UMKM karena menggunakan sistem berlangganan. Bonastoco adalah nama dari ERP yang ramah di kantong tersebut. Salah satu UMKM yang mengadopsi ERP keluaran Telkom ini adalah PT Kanemochi Indonesia, yang bergerak di bisnis ritel modern dalam bentuk minimarket bernama Kanemochimart. Selain karena harganya yang terjangkau, ternyata ada sebab lain yaitu sudah adanya program GL (general ledger), sehingga tidak perlu membuat laporan secara manual karena sudah otomatis. Dikarenakan para pemilik memiliki kesibukan tersendiri maka paket Bonastoco yang diambil oleh PT Kanemochi Indonesia adalah paket premium di mana dalam paket itu terdapat fitur monitoring via ponsel. 

Hal ini menyatakan bahwa sudah adanya kesadaran para pengusaha UMKM akan pentingnya ERP bagi bisnisnya, tapi angka kesadaran ini masih kecil. Oleh karena itu ada baiknya penalaran tentang ERP bagi para pengusaha UMKM yang belum memakai ERP. 
Setelah menilik dari semua kejadian di atas dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa, UMKM di Indonesia masih bisa berkembang dengan lebih baik dan hal ini juga menjadi peluang bagi kalangan IT di Indonesia untuk berlomba-lomba menciptakan ERP yang terbaik. 

Sumber : http://swa.co.id/technology/ukm-pun-pantas-pakai-erp 


(Salam Sistem Informasi Universitas Machung untuk Dunia)

Minggu, 18 November 2012

Another MindMap


Kali ini saya dan teman" menyajikan Mindmap Dari Bagian Finance....
Di mana di bagian Finance ini Fitter Snacker masih membutuhkan sistem akuntansi, database, dan SI yang terintergrasi
Sistem akuntansi dibutuhkan untuk untuk merekam transaksi dan menghasilkan laporan keuangan, kemudian untuk database yang terintegrasi tentunya untuk merekam data keuangan dan biaya yang bermanfaat, dan yang terakhir adalah SI yang terintegrasi yang mempunyai fungsi dalam manajemen reporting.

Semoga Bermanfaat...





( Salam dari Sistem Informasi Untuk Dunia)

Senin, 29 Oktober 2012

Sharing Ilmu itu Indah

Kali ini saya akan berbagi ilmu lagi nieh, sumbernya dari prodiku sendiri yaitu Sistem Informasi Universitas Machung. Ini bukan ilmu eksak sih, tetapi setidaknya akan sedikit memberikan wawasan kepada anda semua penikmat blog ini.

Saya akan memberikan pertanyaan kepada anda, jawablah sesuai isi hati anda di kolom komentar kelak komentar" yang anda berikan dapat berguna...

1.  Menurut kalian CRM dan SCM itu bagaimana ? Apakah sama ? Beda ? Apakah yang menyamakan atau  membedakan mereka ? Mereka berinteraksi di mana ? Jangan lupa berikan pendapat dengan disertai teknologi pendukung.


2.  Bayangkan anda menjadi manajer pemasaran di sebuah perusahaan produk yang besar. Kemudian perusahaan tersebut perlu untuk melakukan kampanye pemasaran yang baru. Bagaimana cara kalian untuk bisa meyakinkan perusahaan anda dari nilai menggunakan CRM untuk membantu kampanye ini ? Lalu kira" apa sih jenis sistem CRM yang akan anda pilih untuk perusahaan anda ?

Kalau jawaban saya seperti ini :
1.  CRM dan SCM secara harfiah sudah berbeda. CRM adalah Customer Relationship Management sedangkan SCM adalah Supply Chain Management. Dilihat dari fungsinya, CRM berfungsi untuk mengetahui permintaan dan penawaran pasar, sedangkan SCM memiliki fungsi utama yaitu untuk mengkonversi dari bahan mentah ke bahan jadi. Secara Teknologi, SCM punya beberapa teknologi seperti Demand management/forecasting, Advanced planning and scheduling, Transportation management, Distribution and deployment, Production planning, Available to-promise, Supply chain modeler, Optimizer. CRM juga mempunyai teknologi yaitu customer database, Costumer Intelligence, Costumer Capacity and Competency Development, Operasional CRM.

2.  Pertama saya akan melihat apa saja permintaan dan penawaran pasar dari bagian CRM, dari situ baru bisa diambil sebuha kebijakan akan harga barang, kemasan barang. Pemilihan harga barang dan kemasan barang adalah salah satu hal mendasar untuk menarik minat pembeli menurut saya dan sebenarnya masih banyak faktor yang lain seperti  bentuk iklan di TV, dan bagaimana anda menjalin relasi dengan pelanggan.
Sistem yang saya pakai sedikit mirip dengan sistem PRM, tapi sedikit berbeda...

INI JAWABANKU, APA JAWABANMU ???
(Salam Sistem Informasi Universitas Machung)

Rabu, 24 Oktober 2012

Rabu, 17 Oktober 2012

Mind Map Ronde Pertama





Ini Mind Map dari perusahaan Fitter Snacker pada bagian SCM
Kalau ada yang merasa ini copas, maaf ya...
Peace Lind...